Seputar ASRI yang sering ditanyakan 


img



Apakah ARA akan diadakan lagi?

Kami tidak tahu. karena kewenangan untuk melakukan dan mengelola Annual Report Award -ARA berada pada konsorsium OKJ, KNKG, Kementerian BUMN, IAI, Dirjen Pajak, Bank Indonesia dan IDX. 


Jika  ARA diadakan lagi dan ASRI diminta oleh Regulator untuk diserahkan penyelenggaraannya pada panitia ARA bagaimana?

Tujuan ASRI dan ARA pada dasarnya sama, jika ARA diadakan lagi dan kami diminta menyerahkan seluruh tool dan, database penilaian Annual Report untuk dikelola panita ARA, maka kami akan menyerahkan dan akan mengikuti syarat dan ketentuan yang ditetapkan regulator  agar peralihannya berjalan lancar.  Kami akan menempatkan diri sebagai supporting yang akan patuh pada regulasi dan aturan yang ada.

Apa perbedaan ASRI dengan ARA?

ASRI dan ARA adalah inisiatif yang bertujuan untuk mendorong peningkatan kualitas penerapan keterbukaan informasi pada publik oleh institusi bisnis. ASRI adalah inisiatif yang dilakukan oleh sektor privat sedangkan ARA dilaksanakan oleh konsorsium regulator. Sebagai kegiatan sektor privat yang terkait dengan kepentingan masyarakat maka ASRI akan melaporkan secara terbuka proses dan hasil pelaksanaan kegiatan kepada publik dan regulator.  


Alasan perubahan dari ARA ke ASRI?

ASRI hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi kinerja perusahaan, keduanya hadir membantu masyarakat  melakukan penilaian dan pembandingan antar perusahaan. ASRI dan ARA juga upaya memenuhi kebutuhan umpan balik dan benchmarking yang oleh pihak menerbitkan laporan. ASRI hadir melakukan penilaian yang adil dan transparan serta memberikan umpan balik yang lebih detail untuk peningkatan kualitas laporan. ASRI dan ARA adalah inisiatif berbeda sehingga ini bukan perubahan ARA ke ASRI tetapi kedua inisiatif tersebut indipenden.  


Apakah di akui seperti ARA?

Pengakuan sebuah penilaian akan tumbuh dari proses penilaian yang adil, transparan dimana dalam proses penilaian pihak yang dinilai mendapat akses untuk melihat dan menilai proses, aspek atau kriteria yang dinilai. Pengakuan juga akan tumbuh dengan pelibatan publik dalam menilai ASRI. Hal ini kami lakukan dengan memberikan laporan pelaksanaan serta hasilnya kepada publik dan regulator. 


Apa laporan yang diberikan kepada Regulator?

Karena ini adalah kegiatan yang bertujuan untuk mendorong penerapan keterbukaan yang lebih baik dan terkait dengan perusahaan publik dan BUMN, Sebagai bentuk tanggung jawab dan keterbukaan,  kami berkewajiban melaporkan proses dan hasil pelaksanaan kepada publik dan pemerintah, khusus pada pemerintah kami akan melaporkan kegiatan ini yang berisikan, meliputi:

  • Proses Pelaksanaan Indonesia Annual Report & Sustainability Report Rating 2021
  • Kriteria dan rujukan yang digunakan dalam penilaian
  • Laporan Rating dan pemenuhan regulasi atas Laporan tahunan dan laporan keberlanjutan (laporan perusahaan yang telah memenuhi dan melebihi standard & regulasi)
  • Data Agregat laporan tahunan dan laporan keberlanjutan perusahan-perusahaan (bukan data individual perusahaan, kecuali secara sah diminta oleh lembaga yang berhak secara hukum meminta data hasil penilaian individual perusahaan)
  • Analisis agregat capaian dan kelemahan laporan tahunan dan laporan keberlanjutan perusahan-perusahaan
  • Kesimpulan dan Rekomendasi peningkatan kualitas laporan tahunan dan laporan keberlanjutan perusahan-perusahaan


Apak konteks dan tujuan pelaporan ASRI pada reguator?

´╗┐Pelaporan yang kami lakukan pada regulator dan publik  dalam konteks pemberian apresiasi pada perusahaan yang telah membuat laporan AR dan SR yang lengkap


Apakah ASRI diadakan setiap tahun?

Sistem penilaian ASRI dikembangkan dengan serius selama 3 tahun terakhir dan dirancang untuk mampu menyesuaikan dengan berbagai perubahan.Karena itu ASRI akan dilakukan setiap tahun.  


Kapan deadline pendaftaran ASRI dan pengumpulan?

Deadline pendaftaran adalah 24 Agustus 2022. Untuk mendaftar  Peserta cukup mendaftar dan memberikan link resmi untuk mengunduh laporan yang akan dinilai. Proses input data dan penilaian akan dilakukan oleh panitia. Namun demikian peserta akan diberikan akses untuk melihat proses dan kriteria yang dinilai.   


Apa kriteria dan kategorinya ASRI?

Kriteria penilaian ASRI merujuk pada regulasi tentang Laporan tahunan di Indonesia yakni POJK Nomor 29/POJK.04/2016 yang didetailkan melalui SEOJK No. 16/SEOJK.04/2021, Regulasi Kementerian BUMN tentang GCG, serta praktek baik Annual Report. Khusus Sustanabiity Report merujuk ada GRI dan SEOJK No. 16/SEOJK.04/2021.  
ASRI tidak menetapkan juara perkatagori, hasil penilaian ASRI fokus pada pemenuhan regulasi dan praktek baik AR dan SR sehingga pemberian penghargaan dilakukan berdasarkan passing grade pemenuhan standard dan regulasi serta praktek baik 
Rating-SR.jpg


Apakah penilaian ASRI sama dengan ARA?

Kriteria ASRI menrujuk pada pemenuhan standard dan regulasi yang diakui, yakni  POJK Nomor 29/POJK.04/2016 yang didetailkan melalui SEOJK No. 16/SEOJK.04/2021, Regulasi Kementerian BUMN tentang GCG, serta praktek baik Annual Report. Khusus Sustanabiity Report merujuk ada GRI dan SEOJK No. 16/SEOJK.04/2021. Karena Kriteria ARA sebagaian besar merujuk pada Regulasi dan praktek baik, maka kriteria penilaian akan sangat mirip.   ASRI tidak mengembangkan kriteria sendiri.


Apakah kriteria penilaian ASRI memasukkan  aspek keterbukanan informasi?

Iya, penilaian ASRI juga menilai keterbukaan informasi perusahaan.


Apakah ARA  atau Annual Report Award tahun 2021 yang diselenggarakan tahun 2022 akan diadakan?

Karena kami bukan panita ARA dan juga buka regulator hal tersebut tidak bisa kami jawab. Kewenangan pelaksanaan ARA yang seperti telah dilakukan sebelumnya berada pada panitia yang dibentuk oleh konsorsium Otoritas Jasa Keuangan (OJK), KNKG,  Kementerian BUMN, Bank Indonesia, Direktorat Jenderal Pajak, IDX dan IAI


Apakah ASRI diinisasi oleh KNKG?

ASRI diinisiasi oleh sektor privat, posisi lembaga pemerintah  ataupun lembaga yang terafiliasi dengan pemerintah hanya sebagai pendukung.


Bagaimana mekanismenya emiten atau perseroan terbatas dalam mengikuti ASRI?

  1. Lakukan pendaftaran di website ini; 
  2. Berikan link untuk mengunduh laporan yang resmi; dan
  3. Jika perusahaan ingin mengikuti proses penilaian maka daftarkan akun personal yang akan melakukan monitoring.


Apa seperti ARA lalu peserta yang memotong evident dari Lapran AR  sesuai kriterianya?

Tidak, peserta tidak perlu memotong motong file AR atau SR, proses upload evident penilaian akan dilakukan panitia. 


Sampai kapan maksimal  tanggal jatuh tempo invoice?

Maksimal invoice jatuh tempo  sesuai yang tercantum dalam inovice yang bisa diunduh, informasi lebih detail bisa dihubungi layanan kepesertaan 


Kalau anak usaha BUMN apakah termasuk private atau BUMN juga?

Anak perusahaan BUMN menurut regulasi BUM termasuk sektor Privat.