img

Teknologi disruptif

img

Parade teknologi baru dan terobosan ilmiah tidak henti-hentinya dan berlangsung di banyak bidang. Hampir semua kemajuan dianggap sebagai terobosan, dan daftar "hal-hal besar berikutnya" tumbuh semakin lama. Namun beberapa teknologi sebenarnya memiliki potensi untuk mengganggu status quo, mengubah cara orang hidup dan bekerja, mengatur ulang kumpulan nilai, dan menghasilkan produk dan layanan yang sama sekali baru.

Para pemimpin bisnis tidak dapat menunggu sampai teknologi yang berkembang memiliki efek ini untuk menentukan perkembangan mana yang benar-benar besar. Mereka perlu memahami bagaimana keunggulan kompetitif yang menjadi dasar strategi mereka dapat terkikis atau ditingkatkan satu dekade dari sekarang oleh teknologi yang muncul—bagaimana teknologi dapat membawa mereka pelanggan baru atau memaksa mereka untuk mempertahankan basis mereka yang sudah ada atau menginspirasi mereka untuk menemukan strategi baru.

Pembuat kebijakan dan masyarakat juga perlu mempersiapkan teknologi masa depan. Untuk melakukannya dengan baik, mereka memerlukan pemahaman yang jelas tentang bagaimana teknologi dapat membentuk ekonomi dan masyarakat global selama dekade mendatang. Mereka perlu memutuskan bagaimana berinvestasi dalam bentuk pendidikan dan infrastruktur baru, dan mencari tahu bagaimana perubahan ekonomi yang mengganggu akan mempengaruhi keunggulan komparatif. Disisi lain pemerintahperlu menciptakan lingkungan bisnis yang memungkinkan tumbuhnya inovasi, serta mempersiapkan masyarakat agar mampu melalukan penyesuaian ketika teknologi baru datang dan merubah kehidupan mereka. Anggota parlemen dan regulator akan ditantang untuk mempelajari cara mengelola kemampuan biologis baru dan melindungi hak dan privasi warga negara.

Banyak kekuatan dapat membawa perubahan skala besar dalam ekonomi dan masyarakat—pergeseran demografis, perluasan angkatan kerja, urbanisasi, atau pola baru dalam pembentukan modal, misalnya. Namun sejak Revolusi Industri pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19, teknologi memiliki peran unik dalam mendorong pertumbuhan dan mengubah ekonomi. Teknologi mewakili cara-cara baru dalam melakukan sesuatu, dan, setelah dikuasai, menciptakan perubahan yang langgeng, yang tidak "dipelajari" oleh bisnis dan budaya. Teknologi yang diadopsi menjadi terwujud dalam modal, baik fisik atau manusia, dan memungkinkan ekonomi untuk menciptakan nilai lebih dengan input yang lebih sedikit.

Pada saat yang sama, teknologi sering mengganggu, menggantikan cara lama dalam melakukan sesuatu dan membuat keterampilan lama dan pendekatan organisasi menjadi tidak relevan. Teknologi yang mengganggu ekonomi ini adalah fokus dari laporan kami.1 Kami memandang teknologi baik dari segi potensi dampak ekonomi maupun kapasitas untuk mengganggu, karena kami yakin efek ini berjalan beriringan dan karena keduanya sangat penting bagi para pemimpin. Seperti yang diamati oleh ekonom awal abad ke-20 Joseph Schumpeter, kemajuan paling signifikan dalam ekonomi sering kali disertai dengan proses "penghancuran kreatif", yang menggeser kumpulan laba, menata ulang struktur industri, dan menggantikan bisnis yang sudah ada. Proses ini sering didorong oleh inovasi teknologi di tangan pengusaha.

Schumpeter menjelaskan bagaimana layanan pengiriman kereta api berkecepatan tinggi di Illinois Central memungkinkan pertumbuhan kota namun mengganggu bisnis pertanian yang sudah mapan. Di masa lalu, fotografi berbasis kimia—sebuah teknologi yang mendominasi selama lebih dari satu abad dan terus berkembang—dikalahkan oleh teknologi digital dalam waktu kurang dari 20 tahun. Saat ini industri media cetak berada dalam perjuangan hidup dan mati untuk tetap relevan di dunia berita dan hiburan online yang instan.

Beberapa ekonom mempertanyakan apakah teknologi masih dapat memberikan dampak luas dan mendalam dari pengenalan mobil atau chip semikonduktor, dan data yang menunjukkan pertumbuhan produktivitas yang melambat di Amerika Serikat dan Inggris—seringkali pengadopsi awal teknologi baru—sebagai bukti. Meskipun kami setuju bahwa tantangan yang signifikan terbentang di depan, kami juga melihat alasan yang cukup untuk optimisme tentang potensi teknologi baru dan yang muncul untuk meningkatkan produktivitas dan memberikan manfaat yang luas di seluruh ekonomi. Mencapai potensi penuh dari teknologi yang menjanjikan sambil mengatasi tantangan dan risikonya akan membutuhkan kepemimpinan yang efektif, tetapi potensinya sangat luas. Seiring teknologi terus mengubah dunia kita, para pemimpin bisnis, pembuat kebijakan, dan warga harus melihat ke depan dan membuat rencana.

Saat ini, kita melihat banyak teknologi yang berkembang pesat dan berpotensi transformatif bisnis secara luas yakni teknologi informasi, ilmu biologi, ilmu material, energi, dan bidang lainnya. Semua pemain perlu mulai mengidentifikasi mana dari teknologi ini yang dapat memiliki dampak besar dan mengganggu ekonomi antara sekarang dan dan dekade 2020-an. Bagi pelaku duni bisnis, memahami bagaimana teknologi ini dapat mengubah dunia kita dan bagaimana pemimpin bisnis dan institusinya harus merespons menjadi hal yang sangat penting. Pembahasan ini bukan untuk memprediksi masa depan, melainkan menggunakan analisis terstruktur untuk memilah-milah teknologi dengan potensi untuk mengubah dan mengganggu dalam satu atau dua dekade berikutnya, dan untuk menilai dampak potensial berdasarkan apa yang dapat kita ketahui hari ini, dan menempatkan teknologi yang menjanjikan ini dalam perspektif yang bermanfaat. Pemahaman ini tentunya sangat bermanfaat untuk mengantisipasi peluang dan perubahan yang akan datang.

Teknologi yang mengganggu biasanya menunjukkan tingkat perubahan yang cepat dalam kemampuan dalam hal harga/kinerja relatif terhadap pengganti dan pendekatan alternatif, atau mereka mengalami terobosan yang mendorong laju perubahan yang dipercepat atau peningkatan kemampuan yang terputus-putus. Teknologi pengurutan gen, misalnya, maju pada tingkat yang bahkan lebih cepat daripada kekuatan pemrosesan komputer dan dapat segera memungkinkan mesin pengurutan desktop yang murah. Teknologi material canggih mengalami terobosan signifikan, mulai dari produksi graphene sampai dengan kemunculan pertama nanomaterial dengan sifat luar biasa termasuk kekuatan dan konduktivitas pada tahun 2004, hingga penciptaan sirkuit terpadu berbasis graphene pertama oleh IBM pada tahun 2011.

Cakupan potensi dampak sangat luas. Agar dapat mengganggu secara ekonomi, suatu teknologi harus memiliki jangkauan yang luas—menyentuh perusahaan dan industri dan memengaruhi (atau memunculkan) berbagai macam mesin, produk, atau layanan.

Internet seluler, misalnya, dapat memengaruhi cara lima miliar orang menjalani kehidupan mereka, memberi mereka alat untuk menjadi inovator atau wirausahawan potensial—menjadikan Internet seluler sebagai salah satu teknologi kami yang paling berdampak. Dan teknologi Internet of Things dapat menghubungkan dan menanamkan kecerdasan dalam miliaran objek dan perangkat di seluruh dunia, yang memengaruhi kesehatan, keselamatan, dan produktivitas miliaran orang.

Nilai ekonomi yang signifikan dapat terpengaruh. Teknologi yang mengganggu ekonomi harus memiliki potensi untuk menciptakan dampak ekonomi yang masif. Nilai yang dipertaruhkan harus besar dalam hal kumpulan laba yang mungkin terganggu, penambahan PDB yang mungkin terjadi, dan investasi modal yang mungkin dianggap usang. Robotika canggih, misalnya, berpotensi memengaruhi biaya tenaga kerja senilai $6,3 triliun secara global. Teknologi cloud memiliki potensi untuk meningkatkan produktivitas senilai $3 triliun dalam pengeluaran TI perusahaan global, serta memungkinkan pembuatan produk dan layanan online baru untuk miliaran konsumen dan jutaan bisnis.

Dampak ekonomi berpotensi mengganggu. Teknologi yang penting memiliki potensi untuk mengubah status quo secara dramatis. Mereka dapat mengubah cara orang hidup dan bekerja, menciptakan peluang baru atau mengalihkan surplus untuk bisnis, dan mendorong pertumbuhan atau mengubah keunggulan komparatif bagi negara. Genomik generasi berikutnya memiliki potensi untuk mengubah cara dokter mendiagnosis dan mengobati kanker dan penyakit lainnya, yang berpotensi memperpanjang hidup.

Teknologi penyimpanan energi dapat mengubah bagaimana, di mana, dan kapan kita menggunakan energi. Eksplorasi dan pemulihan minyak dan gas yang canggih dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan mengubah nilai di seluruh pasar dan wilayah energi.


TEROBOSAN EFEKTIF PENGEMBANGAN PENGHIDUPAN LESTARI

(Susutainable Livelihood Approach)

img

Pembangunan masyarakat (community development), harus dilihat sebagai pemberdayaan individu dan kelompok dari masyarakat yang dilakukan oleh kelompok itu sendiri, bukan menciptakan kebergantungan baru pada masyarakat...

Harmonisasi ISO 26000 SR dengan GRI 2021

GRI 2021 memberikan penekanan pada pengungkapan dampak keputusan dan aktifitas perusahaan pada Lingkungan, sosial, ekonomi dan pembangunan berkelanjutan. Selaras dengan pengertian tanggung jawab sosial pada ISO 26000 SR

PERUBAHAN IKLIM 

Peluang dan tantangan penyesuaian pada bisnis

img

Setelah hampir 200 tahun berjalan, sistem kapitalis mengalami evolusi, saat ini sistem kapitalis secara sosial dan lingkungan jauh lebih jinak, jinak

Investasi ESG memiliki titik buta yang meragukan janji keberlanjutan industri senilai $35 triliun: Rantai pasokan 

ESG1.jpg

Teknologi disruptif

img

Parade teknologi baru dan terobosan ilmiah tidak henti-hentinya dan berlangsung di banyak bidang. Hampir semua kemajuan dianggap sebagai terobosan, dan daftar "hal-hal besar berikutnya" tumbuh semakin lama. Namun beberapa teknologi sebenarnya memiliki potensi untuk mengganggu status quo, mengubah cara orang hidup dan bekerja, mengatur ulang kumpulan nilai

ANNUAL REPORT RATING 

img

Annual Report Rating  2021 adalah pemeringkatan Annual Report yang diterbitkan pada tahun 2021 yang diselenggaran pada tahun 2022.  
Klik untuk pendaftaran... 

SUSTAINABILITY REPORT RATING 

img

Sustainability Report Rating 2021 adalah pemeringkatan Sustainability  Report yang diterbitkan pada tahun 2021 yang diselenggaran pada tahun 2022.  

Klik untuk pendaftaran...

Reringkat ESG untuk harapan investor. Bagaimana indeks ESG Tesla bisa dibawah Exxon?