ASRI -Annual & Sustainability Report Rating

ASRI Rating

Laporan Tahunan dan Laporan Berkelanjutan adalah jendela transpransi perlu didorong makin berkualitas untuk membangun kondisi lingkungan bisnis yang makin sehat dan berdaya saing, yang pada giliranya akan meningkatkan mobilisasi partisipasi masyarakat dalam perekonomian nasional.

Bagi dunia bisnis, Annual Report (AR) dan Sustainability Report (SR) yang memberikan informasi lengkap, jelas, akurat serta mudah dipahami adalah media penting dalam menyampaikan prospek usaha, kondisi keuangan perusahaan, kualitas tatakelola, kemajuan bisnis, serta tanggung jawab dan respon perusahaan terhadap perubahan kondisi lingkugan bisnis.

Informasi AR dan dan SR yang bisa dipercaya penting bagi stakeholder dalam pembuatan keputusan yang rasional, terutama oleh investor, suplier, kreditur, pasar serta dasar pembuatan kebijakan oleh reguletor.

Kualitas Annual Report & Sustainability Report yang diakui pihak indipenden dalam rating komparatif adalah media penting dalam memenangkan kepercayaan stakeholders dan membangun reputasi perusahaan. 

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Lembaga Kajian Nawacita, Corebest Inovasi Indonesia, Indonesia Shared Value Institute, Kepak Sayapku dan Corporate Forum for CSR Development. Annual & Sustainability Report of Indonesia 2021 hadir dengan tema “Transpharansi Informasi Kinerja Berkelanjutan untuk Memenangkan dukungan Stakeholders.”

Annual & Sustanability Report of Indonesia Rating sebagai pemeringkatan keterbukaan laporan perusahaan  bertujuan untuk 

  • Mendorong meningkatkan kualitas Annual Report yang dilakukan sebagai upaya meningkatkan kualitas penerapan Good Corporate Governace (GCG), terutama aspek transparansi Pengelolan Perusahaan.
  • Mempromosikan praktek baik transparansi pengelolaan usaha baik Swasta yang listing di bursa maupun BUM dan BUMN agar mendapat apressiasi dan dukungan dari staeholdernya dalam pengembangan berbagai agenda stratejik perusahaan.
  • Memberikan edukasi dan promosi praktek baik laporan dalam menyusun Laporan Tahunan dan Laporan keberlanjutan.

Pemeringkatan dikembangkan merujuk pada regulasi tentang Laporan tahunan di Indonesia yakni POJK Nomor 29/POJK.04/2016 yang didetailkan melalui SEOJK No. 16/SEOJK.04/2021, Regulasi Kementerian BUMN tentang GCG, serta praktek baik Annual Report. Khusus Sustanabiity Report merujuk ada GRI dan SEOJK No. 16/SEOJK.04/2021. 

Kegiatan ini diselenggarakan oleh  Corebest Inovasi Indonesia, Indonesia Shared Value Institute, Kepak Sayapku dan Corporate Forum for CSR Development. Annual & Sustainability Report of Indonesia 2021 hadir dengan tema “Transpharansi Informasi Kinerja Berkelanjutan untuk Memenangkan dukungan Stakeholders.” 

APA YANG DIDAPAT PERUSAHAAN SETELAH MENGIKUTI  ASRI Rating?

Hasil penilaian dalam yang bersifat kualitatif dan kuantitatif, disajikan dalam bentuk dokumen laporan penilaian yang berisikan analisis pemenuhan kriteria dan rekomendasi yang bersifat teknis, bukan rekomendasi normatif yang disampaikan kepada masing-masing perusahan.  Ouput tersebut akan menjadi benchmark bagi perusahaan peserta dalam upaya meningkatkan kualitas AR dan SR. Setelah mengikuti ASRI perusahaan akan mendapatkan:

  • Sertifikat Rating laporan tahunan.
  • Hasil penilaian detail.
  • Analisis kekuatan dan kelemahan Annual Report perusahaan.
  • Rekomendasi penyempurnaan.

img

Khusus peserta dengan ratting AA+, A+, A dan B+ akan diumumkan pada media Nasional. 

Khusus peserta yang mendapat rating AA+  akan diulas kekuatan Laporan Tahunan pada media masa sebagai bentuk apresiasi kinerja transparansi.

PENDEKATAN PELAKSANAAN

Untuk tujuan tersebut pelaksanaan penilaian kami rancang memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. ASRI dilaksanakan secara transparan, semua perusahaan mendapatkan akses seluas luasnya untuk mengetahui kriteria penilaian sampai detail  
  2. Penilaian dilakukan oleh tim indipendent dan output kegaiatan adalah hasil penilaian kualitatif dan kuantitatif yang diserahkan pada peserta  
  3. Proses penilaian dilakukan dengan memberikan kesempatan kepada peserta untuk melakukan penilaian mandiri, sehingga memahami dengan baik kelebihan dan kekurangan SR yang diterbitkan perusahaan dan membanding hasil penilaian mandiri dengan penilaian penyelenggara untuk pembelajaran.
  4. Pada akhir penyelenggaraan akan dilakukan audit tatakelola pelaksanaan ASRI oleh pihak indipenden dan diumumkan kepada masyarakat.

PROSES PELAKSANAAN

Peserta yang mengikuti rating perlu mendaftar dan menyerahkan softcopy resmi Laporan Keberlanjutan  kepada Panitia dalam bentuk alamat untuk mendownload, selanjutnya akan dilakukan penilaian dengan dukungan sistem informasi berbasis sistem pakar yang telah disiapkan.

Adapun jika perusahaan memerlukannya dapat melakukan self asesmen dengan menggunakan tool yang sama dengan yang dipakai panitia. Self asesmen yang dilakukan peserta bukan bagian dari sistem penilaian, hasil self asesmen tidak akan mempengaruhi penilaian yang dilakukan panitia.

PROSES PENDAFTARAN

  1. Sebelum melakukan pendaftaran, anda harus membuat akun perusahaan pada web ini agar panitia bisa melakukan konfirmasi dan admintistrasi kepesertaan dengan baik
  2. Pendaftaran dilakukan dengan memasukan data kepesertaan perusaaan pada ASRI
  3. Setelah seluruh proses administrasi pendaftaran selesai panitia akan mendownload laporan tahunan dan atau laporan keberlanjutan perusahaan sesuai dengan link yang diberikan saat pendaftaran
  4. Proses penilaian mulai dari input data sampai dengan verifikasi kesesuaian SR dengan kriteria rating dilakukan panitia
  5. Selama panitia melakukan penilaian peserta diberikan kesempatan untuk memantau dengan detail proses penilaian pada website
  6. Peserta hanya bisa memantau proses penilaian detailpada perusahan sendiri
  7. Untuk kepentingan pembelajaran dan pengenalan lebih dalam kriteria penilaian peserta bisa melakukan self asesmen terpisah yang tidak terkait dengan proses penilaian

img


 JADWAL PELAKSANAAN

  • Pendaftaran, 16 Mei -24  September  2022;
  • Penilaian, 1 Juni - 3 Oktober 2022 ;
  • Pengumuman rattng, 17 Oktober 2022; dan
  • Publikasi dan Penyerahan laporan kepada Regulator terkait dan publik, 24 Oktober 2022

PELAPORAN

Karena ini adalah kegiatan yang bertujuan untuk mendorong penerapan keterbukaan yang lebih baik dan terkait dengan perusahaan publik dan BUMN, Sebagai bentuk tanggung jawab dan keterbukaan,  kami berkewajiban melaporkan proses dan hasil pelaksanaan kepada publik dan pemerintah, khusus pada pemerintah kami akan melaporkan kegiatan ini yang berisikan, meliputi:

  • Proses Pelaksanaan Indonesia Annual Report & Sustainability Report Rating 2021
  • Kriteria dan rujukan yang digunakan dalam penilaian
  • Laporan Rating dan pemenuhan regulasi atas Laporan tahunan dan laporan keberlanjutan (laporan perusahaan yang telah memenuhi dan melebihi standard & regulasi)
  • Data Agregat laporan tahunan dan laporan keberlanjutan perusahan-perusahaan (bukan data individual perusahaan, kecuali secara sah diminta oleh lembaga yang berhak secara hukum meminta data hasil penilaian individual perusahaan)
  • Analisis agregat capaian dan kelemahan laporan tahunan dan laporan keberlanjutan perusahan-perusahaan
  • Kesimpulan dan Rekomendasi peningkatan kualitas laporan tahunan dan laporan keberlanjutan perusahan-perusahaan

Pelaporan yang kami lakukan pada regulator dan publik  dalam konteks pemberian apresiasi pada  perusahaan yang telah membuat laporan AR dan SR yang lengkap serta berkuaitas

KATAGORI
Perusahaan bisa mengukiti kedua rating yakni Annual report Rating dan Sustainability Report Rating atau salah satu dengan pendaftaran terpisah, perusahaan harus mendaftar untuk masing masing katagori.
Untuk pertanyaan atau langsung pendaftaran klik ikon dibawah ini

Pendaftaran AR Rating

img

Pendaftaran SR Rating

img

Infor lebih jauh:

img

Q & A   seputar ASRI Rating

Q-and-A.jpg

Lihat hal apa yang banyak ditanyakan seputar ASRI Rating

ANNUAL REPORT RATING 

img

Annual Report Rating  2021 adalah pemeringkatan Annual Report yang diterbitkan pada tahun 2021 yang diselenggaran pada tahun 2022.  
Klik untuk pendaftaran... 

img

SUSTAINABILITY REPORT RATING 

img

Sustainability Report Rating 2021 adalah pemeringkatan Sustainability  Report yang diterbitkan pada tahun 2021 yang diselenggaran pada tahun 2022.  

Klik untuk pendaftaran...

img

Reringkat ESG untuk harapan investor. Bagaimana indeks ESG Tesla bisa dibawah Exxon? 

Harmonisasi ISO 26000 SR dengan GRI 2021

GRI 2021 memberikan penekanan pada pengungkapan dampak keputusan dan aktifitas perusahaan pada Lingkungan, sosial, ekonomi dan pembangunan berkelanjutan. Selaras dengan pengertian tanggung jawab sosial pada ISO 26000 SR

img

TEROBOSAN EFEKTIF PENGEMBANGAN PENGHIDUPAN LESTARI

(Susutainable Livelihood Approach)

img

Pembangunan masyarakat (community development), harus dilihat sebagai pemberdayaan individu dan kelompok dari masyarakat yang dilakukan oleh kelompok itu sendiri, bukan menciptakan kebergantungan baru pada masyarakat...
PERUBAHAN IKLIM 

Peluang dan tantangan penyesuaian pada bisnis

img

Setelah hampir 200 tahun berjalan, sistem kapitalis mengalami evolusi, saat ini sistem kapitalis secara sosial dan lingkungan jauh lebih jinak, jinak

ESG dan Implikasi finansial perubahan iklim

Perubahan-Iklim.jpg Risiko dan peluang akibat perubahan iklim bukan hanya pada perubahan teknologi, produk, atau jasa baru untuk menghadapi tantangan terkait perubahan iklim, tetapi memiliki implikasi jauh yakni implikasi pada bisnis dari pergeseran dekarbonisisi, desentralisasi sumber energi dan digitalisasi..

Teknologi disruptif

img

Parade teknologi baru dan terobosan ilmiah tidak henti-hentinya dan berlangsung di banyak bidang. Hampir semua kemajuan dianggap sebagai terobosan, dan daftar "hal-hal besar berikutnya" tumbuh semakin lama. Namun beberapa teknologi sebenarnya memiliki potensi untuk mengganggu status quo, mengubah cara orang hidup dan bekerja, mengatur ulang kumpulan nilai