Implikasi finansial serta risiko dan peluang lain akibat dari perubahan iklim

img





TANTANGAN PERUBAHAN IKLIM

Pembangunan berkelanjutan telah diterima sebagai paradigma baru dalam mengejar pertumbuhan ekonomi. Padangan berbagai lembaga multilateral seperti PBB, OECD, G20 dan para regulator serta beberapa perusahaan besar dan investor makin kuat bahwa unsur lingkungan, sosial dan tata kelola harus diperhitungkan dalam sebuah keputusan investasi dan proses pembuatan keputusan perusahaan bersamaan dengan perhitungan keuangan secara tradisional. Konsep environmental, social and governance (ESG) kali pertama diusulkan oleh United Nation Global Compact (UN Global Compact) di dalam inisiatif ”Who Cares Wins” untuk memfokuskan investor dan analisis keuangan terhadap pentingnya keterpaduan antara ketiga aspek tersebut.

Isu ESG membawa peluang, tantangan dan resiko pada aspek yang paling kreusialpada perusahaan yakni finansial. Perusahaan perlu secara proaktif mengelola isu ESG untuk memastikan pertumbuhan kongkrit. Integrasi ESG dalam strategi bisnis relevan untuk memastikan stabilitas keuangan jangka panjang.

RESIKO DAN PELUANG

Perusahaan perlu memahami ketahanannya terhadap risiko ESG jangka panjang yang relevan secara finansial. Dari eksternalitas negatif yang dihasilkan oleh perusahaan dalam suatu industri, masalah mana yang dapat berubah menjadi biaya tak terduga bagi perusahaan, baik dalam jangka menengah maupun jangka panjang?.

Sebaliknya, isu-isu ESG mana yang mempengaruhi suatu industri dapat berubah menjadi peluang bagi perusahaan dalam jangka menengah dan panjang?

Lebih khusus lagi, ESG Ratings perlu menjawab empat pertanyaan kunci tentang perusahaan

  • Apa risiko dan peluang ESG paling signifikan yang dihadapi perusahaan dan industrinya?
  • Seberapa terbukakah perusahaan terhadap risiko dan/atau peluang utama tersebut?
  • Seberapa baik perusahaan mengelola risiko dan peluang utama?
  • Apa gambaran keseluruhan perusahaan dan bagaimana perbandingannya dengan rekan-rekan industri globalnya?
RISIKO DAN PELUANG ESG INDUSTRI MATERIAL

Risiko dan peluang lingkungan, sosial, dan tata kelola ditimbulkan oleh tren skala besar (misalnya perubahan iklim, kelangkaan sumber daya, pergeseran demografis) serta oleh sifat operasi perusahaan. Perusahaan dalam industri yang sama umumnya menghadapi risiko dan peluang besar yang sama, meskipun eksposur individu dapat bervariasi.

Suatu risiko bersifat material bagi suatu industri ketika kemungkinan besar perusahaan dalam industri tertentu akan mengeluarkan biaya yang besar sehubungan dengan risiko tersebut (misalnya: larangan peraturan atas input bahan kimia utama yang memerlukan formulasi ulang). Sebuah peluang menjadi material bagi suatu industri ketika kemungkinan besar perusahaan dalam industri tertentu dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan keuntungan (misalnya: peluang dalam teknologi bersih untuk industri pencahayaan LED). Model

Pengelolaan ESG perlu berfokus pada isu-isu yang material untuk pada masing masing industri. Perlu mengembangkan model untuk mengidentifikasi risiko dan peluang material untuk setiap industri, baik melalui model kuantitatif yang melihat rentang dan nilai rata-rata untuk setiap industri untuk dampak eksternal seperti intensitas karbon, intensitas air, dan tingkat cedera. Perusahaan dengan model bisnis yang tidak biasa untuk industri mereka mungkin menghadapi risiko dan peluang kunci yang lebih sedikit atau lebih banyak. Pengecualian khusus perusahaan diperbolehkan untuk perusahaan dengan model bisnis yang beragam, menghadapi kontroversi, atau berdasarkan aturan industri. Setelah diidentifikasi, Isu- Isu Utama ini ditugaskan ke setiap industri dan perusahaan.

KETERBUKAAN 

Keterbukaan terkait implikasi perubahan pada dunia bisnis sangat beragam iklim bagi Risiko dan kesempatan yang diakibatkan oleh perubahan iklim yang berpotensi menghasilkan perubahan substantif dalam operasi, pendapatan, atau pengeluaran, termasuk:

  • deskripsi risiko atau kesempatan dan klasifikasinya baik secara fisik, regulatif, atau lainnya;
  • deskripsi dampak yang diasosiasikan dengan risiko atau kesempatan;
  • implikasi finansial dari risiko atau kesempatan sebelum tindakan diambil;
  • metode yang digunakan untuk mengelola risiko atau kesempatan;
  • biaya dari langkah yang diambil untuk mengelola risiko atau kesempatan