Sustainability Report Assesment & Rating

course

ASRI  adalah benchmark dan alat asesmen  sekaligus panduan teknis  menyusun Sustainability Report.  Sustainability Report  yang berkualitas menjadi salah satu media yang efektif dalam membangun dukungan, engagement dan  reputasi perusahaan.

Pengembangan ASRI   merujuk pada Standard GRI, untuk tahun sekarang masih memakai GRI 2016-2020, dan regulasi tentang Laporan Keberlanjutan di Indonesia merujuk pada   Peraturan Otoritas Jasa Keuangan  yang termuat pada SEOJK No. 16 /SEOJK.04/2021 serta praktek baik Laporan Keberlanjutan.

Terdapat 2 alternatif bagi perusahaan untuk mendapatkan umpan balik pelaporan keberlanjutan berdasarkan pada Standar GRI (Global Reporting Initiative), yakni:

Mengikuti rating ASRI 
ASRI diikuti dengan mendaftarkan perusahaan pada pelaksanan rating,  dan memberikan link pada form pendaftaran dokumen laporan keberlanjutan yang akan dinilai. Selanjutanya panitia akan mendownload dokumen tersebut dan memasukkan datanya pada sistem asesmen. Proses upload dokumen, asesmen dan verifikasi sepenuhnya dilakukan panitia. 
Perusahaan diberikan akses untuk mengikuti proses penilaian yang dilakukan oleh panitia, sehingga dapat melihat kriteria apa saja yang telah dipenuhi dan bagaimana penilaian pemenuhan kriteria. 
Secara indipenden tim perusahaan bisa melakukan penilaian mandiri, data penilaian mandiri merupakan data yang terpisah dengan penilaian yang dilakukan panitia. Penilaian panitia tidak bergantung dengan proses penilaian mandiri yang dilakukan perusahaan. .
Melakukan Self Assessment
Jika Perusahaan belum siap untuk mengikuti  rating maka dapat melakukan penilaian mandiri saja, Seluruh proses penilaian akan sama dengan yang dilakukan panitia dalam memberikan rating, perbedaannya hanya pada pelaksanan proses hanya dilakukan oleh perusahaan dan tidak ada verifikasi untuk rating.
Untuk memahami lebih jauh perusahaan bisa mencoba versi trial rating ISRR. Versi trial diberikan gratis, seluruh fungsi dalam proses penilaian berjalan penuh, hanya dibatasi aspek dan kriteria penilaian tidak semuanya bisa dilakukan. 

Asesmen ini dilakukan pada platform sistem pakar yang dikembangkan oleh pitbiz.com 

SR Self Assessement

img

Penilaian Laporan Keberlanjutan yang merujuk pada GR, digunakan untuk panduan membuat laporan atau menilai laporan yang sudah diterbitkan perusahaan.
Adapun perbedaaan antara mengikuti rating dengan hanya penilaian mandiri adalah. 
  1. Versi mandiri tidak dibatasi waktu penilaan  (dalam rentang 1 tahun pemakaian)
  2. Versi mandiri tidak dilakukan verifikasi hasil asesmen oleh  panitia
  3. Versi mandiri tidak dimasukkan dalam peringkat pencapaian

Perusahaan yang telah melakukan penilaian mandiri bisa migrasi untuk mengikuti rating dengan memberitahu kami.

Asesmen ini dilakukan pada platform sistem pakar yang dikembangkan oleh pitbiz.com

Rp 5,500,000

SR Self Assessement (Free Trial)

img
Penilaian mandiri Laporan Keberlanjutan merujuk pada GRI versi free, anda bisa mencoba dengan cepat setelah membuat akun pada web corebest.

Perbedaaan SR Seft asesmen free hanya pada kriteria penilaian yang bisa diakses, anda bisa mencoba versi ini sampai dengan proses pembuatan laporan dan analisis.

Asesmen ini dilakukan pada platform sistem pakar yang dikembangkan oleh pitbiz.com