Workshop penyusunan Pelaporan Keberlanjutan GRI 2021

course

Standard baru ​GRI 2021 sebagai acuan peyusunan Laporan Berkelanjutan (sustainability report) dikembangkan lebih ringkas dan informatif, fokus pada kualitas tatakelola tanggung jawab sosial perusahaan yakni pengelolaan dampak serta respon terhadap isu isu sosial ekonomi dan lingkungan yang lebih lengkap, jelas, akurat dan mudah dipahami. Perubahan pada versi GRI 2021 ini diharapkan memberikan pemahaman yang lebih baik bagi stakeholder dalam pembuatan keputusan yang rasional, terutama keputusan bisnis oleh investor, suplier, kreditur, pasar serta informasi dasar untuk keputusan kebijakan oleh regulator.

Pada tahun 2021 telah terbit perubahan standar pelaporan keberlanjutan oleh GRI, perubahan tersebut cukup siginifikan yakni harmonisasi GRI dengan ISO 26000 SR. Perubahan ini mengharuskan perusahaan melakukan penyesuaian pendekatan dan metoda penyusunan laporan agar tetap memenuhi syarat wajib sebagai laporan berkualitas. 

Perubahan perubahan mendasar terjadi pada aspek pendekatan penetapan topik material dan pendekatan manajemen, pengelolaan resiko serta prinsip kehati-hatian. Perusahaan dituntut lebih tajam mengungkapkan dampak perusahaan dan pengelolaan dampak, disisi lain pengungkapan tatakelola yang lebih ringkas tetapi dituntut persyaratan ketajaman informasi yang lebih tinggi.  

Melalui workshop ini perusahaan dapat memastikan Laporan keberlanjutan sebagai jendela transpransi sangat penting dalam membangun kepercayaan stakeholders’ sesuai dengan rujukan GRI terbaru, dan makin efektif meningkatkan reputasi perusahaan dalam rangka mendapatkan dukungan positif dari stakeholders.

img

Kegiatan workshop ini dilakukan dengan pendekatan coaching untuk konteks perumusan usulan isi laporan keberlanjutan (Sustainability report) masing masing perusahaan secara indvidual. Setelah mengikuti workshop peserta akan membawa pulang:

  1. Perangkat/aplikasi diskusi di internal sebagai alat melakukan konfirmasi usulan isi laporan dan mempertajam konteks laporan.

  2. Penilaian awal signifikansi setiap isu pada setiap sekelompok topik material yang relevan.

  3. Perumusan kebutuhan data yang meliputi konteks topik, pendekatan manajemen dan isi laporan. 

  4. Perumusan lay out laporan berupa pengelompokan bahasan.

  5. Acuan teknis lingkup dan isi laporan sebagai pedoman bagi penulis untuk menyusun laporan.    

img

Workshop penyusunan laporan keberlanjutan berdasarkan GRI 2021 bertujuan:

  • Meningkatkan kualitas laporan tahunan perusahaan melelaui pemahaman konsep dan teknis serta tahapan penyusunan laporan berkelanjutan  
  • Meningkatkan efektifitas dan efesiensi kerja dalam koordinasi pengumpulan data dan meneta data secara terstruktur.
  • Setelah mengikuti workshopini perusahan bisa mengambil posisi kontrol yang kuat untuk mengarahkan penulis atau konsultan penulis, mampu melakukan penilaian kualitas proses dan hasil penulis laporan keberlanjutan.  

img 

Workshop ini dilaksanakan 2 tahap yakni dimana peserta akan mengikuti 2 sesi yakni:

 . SESI  PERTAMA  2 HARIimg

Output sesi pertama adalah  

  • Usulan Layout SR (tema yang memayungi topik material yang selaras)
  • Usualan Kebutuhan data laporan 
  • Pembagian tim penyiapan data

Setelah mengikuti sesi pertama, peserta membawa hasil workshop ke kantor dan mendiskusikan dengan manajemen dan tim internal. Hasil diskusi internal diinput pada aplikasi. Setelah diskusi dengan manajemen dan tim internal maka peserta akan mengikuti workshop sesi 2  untuk mendapatkan umpan balik 

SESI KEDUA
img

img 

Kegiatan ini bukan hanya sekedar pelatihan GRI 2021 untuk penyusunan laporan berkelanjutan, lebih dari itu kegiatan ini adalah coaching penetapan laporan, sehingga peserta diharapkan hadir adalah:
  
  1. Team leader penyusunan Laporan keberlanjutan. 
  2. Anggota tim yang bertanggung jawab dalam pengorganisasian data.
  3. Perwakilan dari unit kerja yang terlibat signifikan dalam pengumpulan data/sumber data. 
  4. Konsultan yang bekerja sama dengan perusahaan dalammenyusun Laporan keberlanjutan berbasis Standard GRI 20.
pelatihan GRI 2021 Workshop GRI trainning GRI 2021
Perusahaan yang mengikutkan 
  • Sebanyak 3 orang peserta gratis pemakaian aplikasi GTeam 2021 untuk manajemen penyusunan laporan berkelanjutan untuk satu tahun buku laporan 
  • Sebanyak 2 Orang Peserta diskon pemakaian aplikasi GTeam 2021 untuk manajemen penyusunan laporan berkelanjutan sebesar 40 %  untuk satu tahun buku laporan 

Batches

Batch Date Online/Location Price (Rp) Status
GRI 2021-B2 16-17 Feb 2023 Yogyakarta 7,900,000 Open
GRI 2021-B1 17-18 Jan 2023 Bandung 7,900,000 Open

Price

Bonus Assessment G Team 2021
(Minimum participants: 3)

Trainers

Nurdizal M. Rachman

img

Lahir di Bukittinggi, Pendidikan, Fisika ITB (1986-1991); Pernah bekerja di sektor industri manufaktur (1991-1997); Terlibat dalam berbagai kegiatan penelitian sosial-ekonomi-lingkungan (1998-2002)

  • Memberikan berbagai pelatihan PUKK/PKBL bertema sosial-ekonomi lingkungan pada BUMN (2002-2005)
  • Direktur PT Interdev Prakarsa Dari tahun 2007 sampai dengan 2014 Jakarta
  • Komisaris PT Interdev Prakarsa 2014 -2016
  • Direktur PT. Corebest Indonesia 2016 sampai sekarang.

Terlibat dalam berbagai kegiatan penyusunan blue print CSR, stakeholder engagement, berbagai perusahaan dari sektor bisnis ekstraktif, Jasa dan Industri  seperti Blue Print CSR Pertamina, BCA, PT. Kaltim Prima Coal (KPC), PJB, Bank BJB. 

Pelaksana Annual Report Award 2018 yang diselenggarakan oleh OJK, KNKG, Kementerian BUMN, BI, DJP, IAI dan IDX.

Register